Mengatur Layout Cover Buku Dengan Photoshop

Setting Cover Buku di Photoshop
Kali ini Tips Okey akan berbagi Tutorial Photoshop tentang Cara Mengatur Layout Cover Buku Dengan Photoshop, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

Pertama yang harus anda lakukan adalah mengatur layout buku sesuai dengan ukuran buku yang ingin anda buat, dalam Tutorial ini saya menggunakan ukuran (A5) dengan lebar 14,8 dan tinggi 21 cm, caranya pilih menu File > New, pada kolom width isikan sesuai lebar bukunya dan pada kolom Height isikan sesuai tinggi bukunya lalu pilih resolution 300 pixel/inch dan background content (White), setelah itu klik tombol OK.

Baca juga cara membuat effect foto dispersion di photoshop

Sekarang adalah menambahkan Guide pada sisi lembaran yang tadi anda buat, pastikan bahwa Ruler dalam keadaan aktif, jika belum aktif lakukan dengan menekan tombol CTRL+R, setelah itu klik pada ruler lalu drag dan arahkan pada setiap sisi lembaran. lihat contoh gambar dibawah ini :


Layout Cover Buku Dengan Photoshop

Sekarang kita akan menambahkan punggung cover, caranya pilih menu Image > Canvas Size, aktifkan pilihan Relative dan pada pilihan anchor klik garis arrow pada sisi kanan lalu pada kolom Width isikan nilai sesuai lebar punggung atau ketebalan dari buku tersebut, dalam tutorial ini saya memberikan nilai 1cm, lihat gambar dibawah ini sebagai contohnya :

Mengatur Margin Cover Buku Dengan Photoshop

Tambahkan Guide seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, lalu lakukan penambahan area kembali untuk membuat cover belakang isikan nilai Width sesuai dengan lebar Cover Depan, dan tambahkan Guide lagi, setelah itu lakukan penambahan area untuk seluruh sisi pada cover buku, berikan nilai width dan height 1cm lalu pada anchor pilih garis arrow yang tengah, lakukan sesuai gambar dibawah ini :

Cara Mengatur Layout Cover Buku

Okey .. sekian dulu tutorial photoshop cara mengatur layout cover buku dengan photoshop, semoga artikel ini bermanfaat, untuk tutorial lainnya akan menyusul pada postingan selanjutnya.

Baca juga cara merubah foto seperti patung di photoshop

3 komentar untuk "Mengatur Layout Cover Buku Dengan Photoshop"

  1. makasih tutorialnya, sangat membantu saya

    BalasHapus
  2. Wah artikel yang admin berikan sangat mudah dan simpel. ini sangat membantu sekali. dan smoga admin memberikan artikel-artikel yang tentunya berguna bagi para membaca. Terimakasi ya min,ditunggu artikel selanjutnya
    Kenalkan saya Mutia Amirah Rahim
    silahkan kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  3. Terima kasih sangat bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar