Belajar Copywriting | Memikat Hati Pembeli Dengan Modal Tulisan

Belajar Copywriting

Di Era sekarang ini banyak sekali orang yang tertarik untuk jualan online karena melihat banyak orang-orang yang sukses dan memiliki penghasilan melimpah dari jualan online namun tidak sedikit dari mereka yang gagal dan akhirnya menyerah begitu saja karena tidak tau bagaimana menerapkan tulisannya agar dapat memikat hati pembeli

Untuk itu perlunya belajar teknik copywriting untuk mempromosikan produk anda agar dapat memikat hati pembeli karena jika anda jualan secara online tentunya anda harus bisa mempromosikan produk anda lewat tulisan dan gambar

Kebanyakan dari mereka yang berhasil jualan online karena mereka pandai menyampaikan pesan melalui tulisan yang dapat membuat seseorang tertarik untuk membelinya

Disini saya akan membagikan tips buat anda yang baru belajar copywriting terutama untuk bahan promosi jualan online agar tulisan anda dapat memikat hati pembeli


3 Dasar Promosi Produk

Pada dasarnya mempromosikan suatu produk ialah bagaimana kita dapat menyampaikan 3 point utama dari produk tersebut yaitu :

  • Fitur
  • Manfaat
  • Harga

Terlihat sederhana tapi tidak sedikit penulis yang menerapkan 3 point tersebut berhasil memikat pembeli dikarenakan penyampaian dalam tulisannya tidak dapat menarik perhatian calon pembeli

Anda harus menguraikan keterangan dengan kata kata yang disusun rapih, jelas, menarik, berbobot dan penuh kejutan, sehingga dapat mempengaruhi emosional si pembaca untuk segera membeli produk yang anda tawarkan


Memahami fitur dan keunggulan dari produk yang dijual

Banyak sekali orang yang jualan online tapi tidak memahami produk yang dijualnya sehingga tidak dapat menyampaikan secara lengkap fitur-fitur dan keunggulan dari produk yang dijualnya

Dalam menjelaskan fitur produk sebaiknya jangan terlalu sederhana buatlah pesan yang membuat orang terkesima namun jangan terlalu berlebihan karena dapat menghilangkan rasa kepercayaan calon pembeli


Menjelaskan Manfaat Bukan Produk

90% orang memiliki sifat egois yang tertanam dari lahir sehingga orang tidak akan peduli dengan apa yang kita tawarkan tapi orang peduli dengan apa saja yang bermanfaat bagi dirinya

Contoh Menjelaskan Produk :

"Cream Pemutih ini sangat ampuh karena terbuat dari sari pati bunga yang terletak di tengah tengah hutan amazon dan sangat sulit untuk mendaptkannya dan sekarang sudah kami bentuk dalam kemasan dengan merek yang sudah dipercayai banyak orang"

Contoh Menjelaskan Manfaat :

"Kalau pakai cream ini dijamin putih dalam waktu kurang dari 7 hari"

Hindari Penjelasan Yang Berbelit

Cenderung orang memiliki sifat malas sehingga orang lebih suka penyampaian yang simple tapi jelas dari pada uraian yang panjang tapi membingungkan dan berbelit

Contoh Promosi Yang Berbelit :

"Kami perusahaan yang terletak di jakarta dan memiliki ribuan karyawan dan sudah lebih dari 20 tahun kami bergerak dibidang kosmetik dan sudah mendapatkan banyak penghargaan dan untuk itu kami sarankan jika anda menginginkan kosmetik yang benar-benar berkhasiat dapat merubah penampilan anda maka gunakan produk kami yang sudah pasti terbukti!"

Contoh Promosi Yang Simple :

"Bosan dinyinyir orang karna wajah anda kusam? produk ini cocok untuk permasalahan anda!"

Jangan Memaksa Tapi Berikan Perhatian

Orang tidak suka di paksa tapi suka diberi perhatian, kata-kata yang mengundang paksaan justru akan cepat terabaikan tapi jika anda memberikan perhatian ini yang akan membuat orang terpikat

Contoh Kalimat Memaksa :

"Mau langsing pakai Obat ini aja!"

Contoh Kalimat Perhatian :

Dengan Obat ini membuat tubuh anda menjadi langsing dan memberikan anda rasa percaya diri"

Sekarang anda pahamkan psikologi kebanyakan orang jadi anda harus pekak bagaimana membaca pikiran orang lain dan sebelum anda menulis posisikan diri anda sebagai pembeli bukan sebagai penjual agar mudah diserap dengan pola pikir pembeli

Lalu bagaimana saya menerapkannya dalam sebuah tulisan untuk memancing seseorang agar dia membeli?

Teknik Copywriting Untuk Jualan Online dengan Rumus AIDA

Saya menggunakan Rumus "AIDA" karena memang rumus ini terbukti efektif bahkan hampir seluruh marketing menggunakan konsep "AIDA" untuk meningkatkan penjualan

Berikut saya akan jelaskan satu persatu agar mudah di pahami


A : Attention (Perhatian)
I : Interest (Kepentingan)
D : Desire (Keinginan)
A : Action (Tindakan)

ATTENTION

Buatlah sebuah tulisan yang mengundang perhatian bagi siapa saja yang membacanya dimulai dari "judul tulisan" kalimat "awal" dan "akhir" dari keterangan yang anda buat karena biasanya orang lebih terfokus pada posisi tersebut, orang tidak akan membaca keterangan jika tidak tertarik dengan judulnya dan orang tidak akan melanjutkan membaca jika awal dari keterangan tidak menarik perhatiannya dan pada akhir keterangan juga membutuhkan kalimat yang mengundang perhatian karena disini puncaknya orang akan melakukan tindakan lebih lanjut untuk membeli produk yang anda tawarkan

Lalu kalimat apa yang mengundang perhatian?

Sebuah kalimat yang memiliki pesan yang sampai pada kebutuhan seseorang atau sampai membuat orang berpikir bahwa "ini yang gue cari" atau "ini gue banget" atau "ini bagus banget" atau "ini penting banget"

INTEREST

Susun kata kata yang menjadikan kepentingan buat pembacanya buat seolah olah kalimat tersebut menyinggung perasaannya agar emosionalnya tumbuh dan menganggap bahwa apa yang anda tawarkan itu sangatlah penting buat dirinya contohnya sebagai berikut :

"Khusus hari ini diskon 50%"
"Produk ini tersisa 3 buah lagi ayo dapatkan segera sebelum kehabisan"

Suatu pesan yang terlihat urgent akan memicu seseorang untuk segera bertindak apalagi memang sesuatu yang ditawarkan sangat bermanfaat bagi dirinya

DESIRE

Jadikan tulisan anda yang dapat membawa perasaan seseorang tertarik ketika membacanya tentunya anda harus bisa memasukan kata kata yang dapat menyelesaikan masalahnya, jika anda menawarkan produk Pemutih Wajah contohnya seperti ini :

"produk ini cocok buat anda yang menginginkan wajah putih berseri seperti artis korea"
"cuma butuh waktu 7 hari wajah anda akan putih berseri"

Kalimat diatas mengundang ketertarikan karena ada unsur kalimat yang memicu

Ini point terakhir karena ini sebagai tindakan dari seseorang memutuskan apakah ia menerima tawaran anda atau menolaknya jadi bukan hanya sekedar mengundang perhatian dan ketertarikan serta kepentingan terhadap produk yang anda tawarkan namun 3 point sebelumnya dapat meningkatkan sampai dengan 80% orang akan mengambil tindakan untuk membeli namun masih ada 20% yang dapat menggagalkannya dan disini anda harus cepat melakukan tindakan dan menganalisa penyebabnya


5 faktor yang ini yang membuat orang gagal untuk membeli

1. Harga tidak sesuai isi kantong
2. Masih cari perbandingan
3. Butuh testimoni / bukti
4. Ada yang belum jelas
5. Butuh dukungan dari orang terdekat

Untuk itu di tahapan ini anda harus cerdik mensiasatinya misal point pertama anda bisa menawarkan produk serupa yang harganya lebih murah, point kedua anda bisa menawarkan produk yang kualitasnya lebih baik, point ketiga sebisa mungkin anda perlihatkan testimoni dari orang orang yang sudah menggunakannya, point keempat tanyakan lagi hal2 yang mungkin belum dapat dipahami dari keterangan yang anda sampaikan, point kelima ini biasanya dilakukan sales yang bertemu langsung karena dia bisa membujuk orang terdekatnya untuk membeli caranya anda harus bisa meyakinkan orang terdekatnya bahwa ini sangat berguna buat dia

Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dan bisa langsung dipraktekan karena akan sia-sia apabila kita cuma tau sekedar teori tapi tidak segera dipraktekan

Apabila ada yang kurang dari penjelasan yang saya uraikan silahkan berikan masukan anda di kolom komentar dan jika anda rasa artikel yang saya tulis ini berguna buat yang lainnya silahkan anda share via whatsapp / facebook / twitter / instagram dan sosial media lainnya.

Tidak ada komentar untuk "Belajar Copywriting | Memikat Hati Pembeli Dengan Modal Tulisan"