Efek Foto Menyebar | Dispersion Effect

Dalam postingan kali ini Tips Okey akan memberikan Tips Foto Yang Keren dengan Membuat Efek Foto Seperti Menyebar dalam bahasa inggrisnya disebut Effect Dispersion dan saya membuat ini menggunakan program Adobe Photoshop CS3

Baca juga effect mobil ngebut di photoshop

Mungkin cara ini sudah bertebaran di internet namun terkadang untuk menghasilkan foto seperti ini perlu plugins tambahan tapi disini saya akan bahas tutorialnya tanpa menggunakan plugins tambahan.

Pertama Anda Siapkan 2 Foto yang ingin di manipulasi, yaitu foto background dan Foto objek, anda bisa menyimpan foto dibawah ini sebagai bahan pembelajaran, caranya cukup dengan klik kanan pada foto lalu pilih Simpan Gambar.

Efek Foto Menyebar Dengan Photoshop 1

Efek Foto Menyebar Dengan Photoshop 2

1. Croping Photo.

Lakukanlah Croping pada Foto Orang tersebut untuk disatukan dengan Foto Background, caranya pilih Pen Tool atau bisa juga dengan menekan tombol (P) pada keyboard. dan aturlah optionnya, lalu ikuti pada sisi bagian foto yang ingin di croping, lihat contoh gambar dibawah ini :

Efek Foto Menyebar Dengan Photoshop 3

2. Menyatukan Foto ke Dalam Background.

Setelah anda melakukan cara diatas sekarang anda Klik Kanan pada mouse lalu pilih Make Selection dan tekan tombol CTRIL+C untuk mengcopy, lalu pindah ke foto background dan tekan tombol CTRL+V untuk meletakkan foto yang tadi di copy, lalu aturlah ukuran foto orang tersebut dengan cara menekan tombol CTRL+T dan lakukan dengan mendrag mouse, terakhir tekan enter untuk melepas Transform pada foto, lihat gambar dibawah ini sebagai contoh :

Efek Foto Menyebar Dengan Photoshop 4

3. Duplikasi Layer Foto Objek.

Lakukan duplikasi Foto orang tersebut dengan memilih layer lalu klik kanan dan pilih Duplicate Layer anda juga bisa melakukannya dengan cara menekan tombol CTRL+J.

4. Menggunakan Liquify untuk Memodifikasi Foto.

Pilih Layer 1 lalu pilih menu Filter > Liquify dan modifkasi foto seperti gambar dibawah ini caranya cukup dengan Klik dan Drag pada Mouse.

Efek Foto Menyebar Dengan Photoshop 5

Ubahlah foto sampai menjadi seperti contoh gambar dibawah ini :

Efek Foto Menyebar Dengan Photoshop 6

5. Menambahkan Vector Mask.

Pilih layer yang sudah di modifikasi tadi lalu tambahkan mask seperti gambar dibawah ini :

Efek Foto Menyebar Dengan Photoshop 7

6. Menggunakan Brush Tool.

Pilih Bagian Mask, yang berada di sebelah layer yang berwarna putih, lalu pilih Brush Tool dengan menekan tombol (B) pada keyboard dan aturlah warnanya menjadi Hitam dan ubah opsinya seperti contoh gambar dibawah ini, klik berulang kali pada mouse untuk membuat penyebaran pada bagian sisi foto.

Efek Foto Menyebar Dengan Photoshop 8

Efek Foto Menyebar Dengan Photoshop 9

7. Menggunakan Effect Radial Blur.

Pilih layer background dan lalu menuju menu Filter > Blur > Radial Blur lalu aturlah opsinya seperti gambar dibawah ini lakukan perintah ini juga untuk foto yang diatas.

Efek Foto Menyebar Dengan Photoshop 10

8. Menghapus Sisi Foto dengan Eraser Tool.

Bagian terakhir disini untuk menyamarkan foto original dengan menghapus pada bagian sisi foto menggunakan Eraser Tool. dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :

Efek Foto Menyebar Dengan Photoshop 11

Catatan : Untuk mempermudah dalam mengedit foto, sebaiknya hanya menampilkan bagian layer yang sedang di modifikasi dan menyembunyikan layer yang belum di modifikasi. caranya cukup checklist pada sisi layer yang bergambar seperti mata. dan sebaiknya anda memberikan nama pada setiap layer untuk memudahkan proses modifikasi, disini saya memberikan nama layer Background yang berada di bagian paling bawah dan Dispersion lalu Original dibagian paling atas.

Baca juga cara mengatur layout cover buku di photoshop

Lakukan perubahan foto secara perlahan agar menghasilkan hasil efek foto sesuai yang diberikan pada Tutorial Effect Dispersion kali ini. Untuk Tutorial Photoshop selanjutnya saya akan bahas di posting berikutnya, silahkan kunjungi lagi blog ini atau berlangganan dengan cara memasukan email anda pada kolom dibagian kanan atas blog ini.

Tidak ada komentar untuk "Efek Foto Menyebar | Dispersion Effect"