Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

Sketchup Tutorials
Dalam Postingan kali ini Tips Okey akan membahas tentang Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia, terutama untuk kamu yang masih pemula dan baru mengenal program sketchup, sebelum saya membahas terlebih dahulu saya akan menjelaskan Apa Itu Sketchup ?? dengan adanya Google Sketchup membuat kita jadi semakin mudah untuk Membuat Gambar 3D beda dengan program 3D lainnya yang memiliki banyak Tools dan Butuh waktu yang lama untuk mempelajarinya. Google Sketchup memiliki tampilan yang sangat sederhana namun dapat menghasilkan sebuah Gambar 3D yang luar biasa dan mampu menghasilkan Rendering yang Realistis, karena Google Sketchup didukung banyak plugins render dari pihak ketiga yang hasilnya akan menjadikan gambar 3D jauh lebih baik dan tidak kalah dengan program 3D lainnya seperti Autocad maupun 3Dmax.


Untuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Program Google Sketchup silahkan anda simak beberapa Tips dan Tutorial Dasar Program Google Sketchup dibawah ini :

Tools Sketchup

1. Select ( Digunakan untuk menseleksi objek secara satuan maupun banyak )
2. Line ( Digunakan untuk membuat objek garis lurus )
3. Rectangle ( Digunakan untuk membuat objek segi empat )
4. Circle ( Digunakan untuk membuat objek lingkaran )
5. Arc ( Digunakan untuk membuat objek garis lengkung )
6. Make Component ( Digunakan untuk menggabungkan objek menjadi sebuah komponen )
7. Eraser ( Digunakan untuk menghapus objek )
8. Tape Measure ( Digunakan untuk mengukur bidang )
9. Paint Bucket ( Digunakan untuk memberikan warna / texture )
10. Push/Pull ( Digunakan untuk membuat gambar 2D menjadi 3D )
11. Move ( Digunakan untuk menggeser atau memindahkan objek )
12. Rotate ( Digunakan untuk memutar objek )
13. Offset ( Digunakan untuk menambah tepi bidang objek )
14. Orbit ( Digunakan untuk memutar stage dari sudut yang berbeda )
15. Pan ( Digunakan untuk menggeser stage )
16. Zoom ( Digunakan untuk memperbesar dan memperkecil stage )
17. Zoom Extents ( Digunakan untuk memperlihatkan keseluruhan objek pada stage )

Diatas ini adalah Perintah Dasar Program Sketchup yang harus kita pahami terlebih dahulu untuk memudahkan pembelajaran.

Okey .. Sekarang Tips-Okey akan membahas langkah demi langkah menggunakan tools dasar sketchup yang sudah dijelaskan sebelumnya, simak dan perhatikan langkah - langkahnya dibawah ini :

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Select :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

1. Pilih Icon Select
2. Untuk memilih satu objek cukup dengan klik 1x pada objek yang ingin dipilih
3. Jika objek yang di seleksi lebih dari satu lakukan dengan klik pada objek sambil menekan tombol SHIFT
4. Untuk membatalkan seleksi pada bagian objek yang sudah dipilih lakukan klik pada objek sambil menekan tombol SHIFT+CTRL
5. Jika ingin menseleksi sekaligus pada banyak objek lakukan dengan mendrag mouse, caranya klik pada bidang yang kosong lalu tahun lalu geser mouse kebagian objek yang ingin di seleksi setelah itu lepas.

Catatan :
- Apabila menseleksi dengan mendrag mouse dari kiri ke kanan maka setiap objek yang tersentuh pada garis seleksi akan terseleksi,
- Apabila menseleksi dengan mendrag mouse dari kanan ke kiri maka objek yang terseleksi hanya yang berada pada bidang garis seleksi

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Line :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

1. Pilih Icon Line
2. Klik pada stage untuk menentukan titik awal Garis
3. Gerakkan mouse lalu klik untuk menentukan bentuk garis

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Rectangle :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

1. Pilih Icon Rectangle
2. Klik pada stage untuk menentukan titik awal Persegi
3. Gerakkan mouse lalu klik untuk menentukan bentuk persegi

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Circle :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia
1. Pilih Icon Circle
2. Klik pada stage untuk menentukan titik pusat lingkaran
3. Gerakkan mouse lalu klik untuk menentukan diameter lingkaran

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Arc :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

1. Pilih Icon Arc
2. Tentukan Titik Awal dengan cara klik mouse
3. Tentukan Titik Akhir dengan cara klik mouse
4. Gerakan mouse lalu klik untuk menentukan lengkungannya

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Make Component :
Caranya anda cukup menseleksi objek dengan perintah Select lalu klik icon Make Component untuk menggabungkan objek menjadi sebuah komponen, ini berfungsi untuk memudahkan dan meringankan pekerjaan apabila terdapat sebuah objek yang bentuknya sama, ketika ada perubahan pada objek maka objek yang merupakan satu komponen akan ikut berubah, untuk mengedit objek yang sudah menjadi komponen cukup lakukan double klik

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Eraser :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia
1. Pilih Icon Eraser
2. Klik pada objek yang ingin di hapus

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Tape Measure :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

1. Pilih Icon Tape Measure
2. Klik objek lain dan drag sebagai bidang ukur, lihat gambar untuk lebih jelasnya

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Paint Bucket :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

1. Tentukan warna/texture dengan cara pilih menu window > pilih Materials
2. Pilih Icon Paint Bucket
3. Klik pada bidang objek yang ingin diberi warna/texture

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Push/Pull :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

1. Pilih Icon Push-Pull
2. Klik bidang objek lalu tahan dan drag/geser mouse untuk menarik objek menjadi 3D

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Move :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

1. Pilih Icon Move
2. Pilih Objek yang ingin di geser sebaiknya anda seleksi dulu dengan Select Tools
3. Lalu Drag/Geser mouse untuk memindahkan objek

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Rotate :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

1. Pilih Icon Rotate
2. Klik Objek yang ingin di putar
3. Tentukan bidang perputaran objek
4. Drag/Geser Mouse untuk melakukan perputaran objek

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Offset :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

1. Pilih icon Offset
2. Klik pada Objek yang ingin di tambahkan bidangnya
3. Drag mouse kedalam atau ke luar objek

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Orbit :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia
1. Pilih Icon Orbit
2. Klik kiri dan tahan lalu gerakan mouse untuk memutar stage

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Pan :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

1. Pilih Icon Pan
2. Klik kiri dan tahan lalu geser ke arah yang diinginkan

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Zoom :
Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia

1. Pilih Icon Zoom
2. Klik kiri mouse pada stage lalu drag/geser mouse

catatan :
- Untuk memperbesar stage drag / geser ke arah atas
- Untuk memperkecil stage drag / geser ke arah bawah

Tutorial Sketchup | Cara Menggunakan Perintah Zoom Extents :
Anda Cukup Memilih Icon Zoom Extent maka dengan otomatis seluruh objek yang berada pada stage akan terlihat.
Images By : Google Sketchup

Sekian dulu Tutorial Sketchup Dasar dari saya semoga artikel ini berguna dan mudah untuk di pahaminya, Nantikan Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia selanjutnya dengan mencantumkan email anda pada widget langganan dari blog ini yang berada diatas kanan Blog, atau dengan melakukan kunjungan kembali pada blog ini.

Apabila artikel ini bermanfaat buat anda dan orang lain silahkan anda berbagi di media social yang sudah saya sediakan dibawah ini, dan saya mohon maaf untuk para pengunjung karena saya telah memproteksi artikel ini sehingga tidak dapat di copy paste, namun apabila anda memang menginginkan artikel ini untuk berada di dalam postingan blog anda atau ingin anda copy ke dalam komputer silahkan anda berkomentar dibawah ini dan dengan senang hati saya akan mengirimkan artikel ini ke dalam email anda dan apabila anda ingin mencantumkan artikel ini pada blog anda harap mencantumkan sumber aslinya dari Tips-Okey apabila terdapat postingan yang serupa dengan ini namun tidak dicantumkan sumber penerbitnya saya akan adukan sebagai duplicate content, harap maklum semua ini saya lakukan agar kita sesama blogger dapat menghargai karya dan jerih payah orang lain. Terima Kasih.

120 komentar untuk "Tutorial Sketchup Bahasa Indonesia"

  1. hmmmm...mmmuantap mas postingannya...dan sangat membantu sekali, mohon di share tutorialnya biar dapat saya baca off line ke punokawan@gmail.com thanks ya...

    BalasHapus
  2. tarik terus bangunan nya mas.....!cahyo...

    BalasHapus
  3. keren gan tutornya
    saya juga lg belajar tentang sketchup... mampir ke blog ane gan..

    http://tutorialsketchup3d.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutorial yang bagus gan... cocok banget bagi yang masih pemula dan baru dalam menggunakan software ini
      lok ingin belajar sketchup lebih dalam, bisa mengunjungi

      www.3dbagus.com

      ini website membahas berbagai macam software 3d terutama sketchup yang bisa di pelajari dari taraf pemula hingga expert level

      Hapus
  4. Saya sangat terbantu sekali dengan tutorial ini...sangat bagus dan sederhana

    BalasHapus
  5. Tolong di share ke email saya yah, agussiswanto39@gmail.com

    BalasHapus
  6. awam ingin sekali mempelajari dan berbagi dengan teman...

    BalasHapus
  7. kalu berkenan tlg di share ke wepebudi46@gmail.com makasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. sya senang mas bisa membantu skali dalam metode mas mmberikan tutorial...minta tolong mas bntuan slanjutnya supaya saya lebih mendalami lgi,krena penjelasan mas mudah sya mengerti...
    ini email saya suryaadiputra1989@gmail.com
    trima kasih banyak sebelumnya...

    BalasHapus
  9. Saya newbie dan lagi belajar memakai SketchUp, Tutorialnya sangat membantu saya.
    Kalau berkenan mohon dishare ke email saya : wahyudie20@gmail.com
    Terima Kasih, Sukses selalu

    BalasHapus
  10. mohon kesediaanya pula untuk berkenan share ke email saya : dwiprasetiyo11121991@gmail.com dikarenakan otodidak dan keterarikan saya mempelajari google sketchup
    terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  11. Mas, minta tolong agar bisa dikirim ke email saya :
    sermawaruwu@yahoo.com
    atas bantuan, saya ucapkan terimakasih. Ya'ahowu

    BalasHapus
  12. terima kasih sudah mengunjungi blog Tips-okey
    artikel sudah kami share ke email kalian,, mohon maaf atas keterlambatan kami.. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas saya juga mau di share tutorialnya
      ke nico.permono@gmail.com
      Terimakasih

      Hapus
    2. Mas Admin,, ikut absen juga yaa,, ghunboy.09@gmail.com
      Thanks yaa.

      Hapus
    3. Mantab bagus.. kalau berkenan materi ini bisa di share ke email ahmad.solihuddin@indosat.com,
      Semoga barokah.. ilmunya dan pahalanya senantiasa mengalir

      Hapus
    4. tutorialnya sangat membantu, mohon di shae di : danuisna@gmail.com

      Hapus
    5. bagus sekali materianya gan.... mohon di share donk ke lae240178@gmail.com.
      semoga barokah dan senantiasa amalannya bermanfaat selalu

      Hapus
    6. mas tolong kirim ke email ini dong andimajidek1310@gmail.com

      Hapus
  13. smoga mendapatkan berkah gan bagi-bagi ilmu yang bermanfaat untuk orang banyak,ane juga lg blajar nh..share tutorialnya ya gan ke : igobayu13@gmail.com
    thanks gan..

    BalasHapus
  14. Mantap mas, sya pemula makek program inii.. Tlong inbox artikel ini ke email saya mas..
    irvandi.1990@yahoo.com

    Trimakasih..

    BalasHapus
  15. postingannya bagus mas, sya mau belajar, klu boleh artikelnya minta di email ke dhiepa_paparang@yahoo.com. terimakasih

    BalasHapus
  16. mohon dikirim ke email saya juga ya mas: clara.renette@gmail.com
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  17. mohon dikrim ke email kami : smk.alaqwam@gmail.com trimakasih

    BalasHapus
  18. Wah....menurut saya artikel/tutorial ini membantu banget, apa lagi bagi saya yang baru mengenal google sketch Up ini. Boleh minta artikel ini mas untuk dikirm ke email saya: bhaktikaryap89@gmail.com.
    Berkaryalah terus...jangan berhenti...membantu mencerdaskan yang lain.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  19. Makasih gan ilmunya... wah ada animasinya juga

    BalasHapus
  20. saya juga minta artikelnya mas, ini email saya erirahmawati1992@gmail.com
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  21. mantap skali tips bro,,,saya baru mau belajar ini..kalau bisa toling kirim . ini email z. noberkaselle@yahoo.com

    BalasHapus
  22. sya mau juga lah admin. kirim ke fujiantohaktono@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
  23. Artikelnya sangat bermanfaat bagi saya khususnya,..dan saya sangat ingin belajar tentang google sketch up ini,.. mohon share ya di r_vitagot@ yahoo.co.id
    Terimakasih,... smoga tuhan membalas kebaikan anda

    BalasHapus
  24. ijin share tutorial nya om lg newbie, safryss@gmail.com

    BalasHapus
  25. gan mantap bgt artikelnya buat di pelajari, klw boleh di share yah gan k email saya randa.ranels@gmail.com

    BalasHapus
  26. artikel yg sangat bermanfaat..
    trima kasih..

    BalasHapus
  27. Artikelnya penting banget,pak buat nambah referensi pengetahuaan saya
    boleh lah di share ke email saya di : caver_193@yahoo.com

    BalasHapus
  28. boleh dong gan dikirim juga ke email kaki2nisa@gmail.com biar aku bisa ngajarin anaku yang suka gambar rumah

    BalasHapus
  29. Aaazib gan artikelnya, share juga atwuh ke email bklibnualawi@gmail.com
    to jadi rujukan pembelajaran ane, hatur nuhun

    BalasHapus
  30. Permisi Bang? Gmna caranya buat bnda yg bercahaya? Misalnya lampu, tv, atau objek apa ajalah bang yg mancarin cahaya

    BalasHapus
  31. jika berkenan tolong kirim artikel ini ke email saya min rf14male@gmail.com

    BalasHapus
  32. mantap ijin ngamalin mas

    semoga kebaikan mas.. di bales sama tuhan yang maha esa

    BalasHapus
  33. makasih banget mas broo info nya bisa bikin pencerahan ......kalu berkenan tolong di share ke yadisupriyadi17@yahoo.co.id biar ane bisa belajar....trims

    BalasHapus
  34. artikelnya sangat bermanfaat, tolong d share rianty.fitrya@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  35. artikelnya banyak membantu saya pas lg kejar setoran c bos,, kl berkenan mohon d share ke ahmad.kuliner@gmail.com
    c ateng makan keju,, hatur tengkyu

    BalasHapus
  36. muantab banget artikel nya makasih minta tlng di share ya ke bunda_rangga17@yahoo.co.id makasih lagi hehe....

    BalasHapus
  37. alhamdulillah, semoga ilmu bermanfaat ini menjadi maafaat kelak. Aamiin

    BalasHapus
  38. alhamdulillah, nuhun Tutorial nya sangat mudah dimengerti.. bisa kirim ke email ku, heryanisaherudin@yahoo.co.id... Barakallahu fiik

    BalasHapus
  39. Artikel yg bagus Mas, mohon bisa share ke darm4rie@yahoo.co.id Matursuwun

    BalasHapus
  40. mohon di share di ekadeniss@gmail.com
    thanks gan

    BalasHapus
  41. Mantaap, bro. Makasih udah berbagi. Ini yang saya cari untuk belajar sketchup secara otodidak. Salam sukses di 2015.

    BalasHapus
  42. Saya ingin meng-copy ke komputer mohon dikirim ke : alris587@gmail.com
    Makasih banyak.

    BalasHapus
  43. Terima kasih atas kunjungannya... Artikel sudah saya kirim ke email, bagi yang belum menerima harap berkomentar kembali..

    BalasHapus
  44. mohon dikirim ke email saya ya mh.bayu.a@gmail.com

    BalasHapus
  45. cakep gan postingannya..bisa di share gan ke gojincloth@gmail.com..maksih hatur nuhun...

    BalasHapus
  46. bagus banget postingannya cukup membatu bagi pemula trimakasih sudah memposting. bisa dikirim ke : rosniard@gmail.com

    BalasHapus
  47. tolong tutorialnya dikirim ke email : peniti.rizal@gmail.com


    terimakasih dan sukses selalu

    BalasHapus
  48. Share ke nagan0694@gmail.com
    Thx be 4

    BalasHapus
  49. Mantap tutornya, mohon dibagi ilmunya ke garudabaliproperty@gmail.com

    BalasHapus
  50. gan share y ke firmanmuharam130791@gmail.com
    makasih y sebelumnya

    BalasHapus
  51. bagus gan, mohon share firdausm488@gmail.com

    BalasHapus
  52. mantabs om,,boleh dikirim om ke jamaludinbro@gmail.com

    BalasHapus
  53. kreatif sekali tutorialnya gan, mau juga donk dikirim ke email saya
    msetiadi_akbar@yahoo.com
    makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  54. siip mas boleh dikirim ke muiezalabama@gmail.com
    ~trimakasih~

    BalasHapus
  55. bagus banget postingannya cukup membatu bagi pemula trimakasih sudah memposting. bisa dikirim ke : syaifulbellzaky@gmail.com

    BalasHapus
  56. mas tolong kirim ke email ini dong, sebelumnya terima kasih ya mas andimajidek1310@gmail.com

    BalasHapus
  57. Tutorial yang sangat membantu sekali. mohon, jika berkenan share juga ke djanatuka@gmail.com. Terima kasih.

    BalasHapus
  58. tutorial sangat membantu. mohon email ke sari_mtia@yahoo.com. Terima Kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  59. mas, saya jg mau tutorial lengkapnya. Ini email saya Alteristian@gmail.com. terimakasih banyak mas sebelumya.

    BalasHapus
  60. tolong mas, bagi tutorial yang lengkap. ini email saya bristian.firdaus@yahoo.com
    terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  61. mantap bgt..sangat membantu untul pengenalan awal..mohon bntuan d krim k email nya y mas... sastra_wijaya@yahoo.com

    BalasHapus
  62. Mas, kalo file nya kita export ke .jpg, tapi ketika di preview file 2D jpg nya warna desain yg kita buat malah tidak muncul. mohon bantuannya :)

    BalasHapus
  63. Terimakasih atas tutorny... sangat membantu banget buat sya yng masih pemula..

    BalasHapus
  64. kerennn abis tutorialnya.. thanks.. a lot Bro...

    BalasHapus
  65. Mantap mas tutorialnya. Boleh di share gan ke sukronsalim@yahoo.com . Terima kasih bantuannya. Di tunggu ilmu lainnya.

    BalasHapus
  66. mohon di share ke novitugasrofiko@gmail.com. sangat bagus sekali artikelnya.

    BalasHapus
  67. keren gan tutornya dan sangat bermanfaat. tolong share ke e-mail saya rhona.alfarizi@gmail.com, thank sblumnya gan.

    BalasHapus
  68. materi yang dipost bagus gan, mudah dimengerti

    ijin minta tutorialnya ke email saya di budhiugp.2bro1@gmail.com untuk materi tugas pemodelan grafik sketchup gan

    terima kasih :)

    BalasHapus
  69. Ijin minta tutorialnya gan..
    email saya admandderoxy@gmail.com
    terimakasih banyak sebelum dan sesudahnya

    BalasHapus
  70. Ijin minta tutorial nya bro..
    gampang banget buat pemula kayak saya
    email saya n33t4sipil@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  71. Tutorialnya Mudah sekali dimengerti boleh dong mas kirim buat pembelajaran saya sebagai pemula ini email saya hafiyzh@yahoo.com

    BalasHapus
  72. Terima kasih tutorial nya saya sangat terbantu dan berharap dikirim via email saya : dsdoddy@gmail.com

    Salam,

    Doddy S

    BalasHapus
  73. Terima kasih tutorial nya saya sangat terbantu dan berharap dikirim via email saya : dsdoddy@gmail.com

    Salam,

    Doddy S

    BalasHapus
  74. wuih Mantab gan....share tutorialnya ke zen.jovi@gmail.com

    Terima kasih gan

    BalasHapus
  75. terimakasih banyak untuk tutorial nya tips okey, sangat mudah jelas, singkat dan bermanfaat...
    semoga Tuhan membalas dengan segala kebaikan, amin...

    BalasHapus
  76. erima kasih tutorial nya saya sangat terbantu dan berharap dikirim via email saya :ranti.epha@gmail.com

    BalasHapus
  77. trimakasih tutorialnya gan, jadi tertarik pingin belajar skech up, tolong kirim via email saya. saefullahyasin@gmail.com

    BalasHapus
  78. Terima kasih ya buat semua yang sudah mampir di blog Tips Okey,, dan mohon maaf bagi pengunjung yang belum menerima kiriman email Tutorial Sketchup harap mengirimkan email ke araysatiya@gmail.com,, terima kasih salam OKEY

    BalasHapus
  79. terimakasih tutorialnya gan... tolong kirimin via email ke batubaratimbul@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  80. banyak manfaatnya, terimakasih tutorialnya .. tolong dikirim ke email saya agar bisa dibaca secara offine (copy) manto1405@gmail.com .... makasih

    BalasHapus
  81. Treimakasih.. Sangat membantu

    BalasHapus
  82. terima kasih sangat membantu sy dan bermanfaat, barakallah ..
    mohon di share ke swass_one@yahoo.com

    tksh
    salam

    BalasHapus
  83. salam kenal...
    mhn di share juga ke email yustinusharinugroho@gmail.com
    Terimakasih...

    BalasHapus
  84. Terima Kasih, tutorialnya sangat membantu ...

    BalasHapus
  85. salam kenal
    bagus gan tutorialnya
    kalau boleh kirim ke email
    mooll_jofil@yahoo.co.id

    BalasHapus
  86. makasih infonya bro, kunjungi balik ya blog tutorial, ada sketchup, photoshop, http://rumahdesa1n.blogspot.com/

    BalasHapus
  87. terima kasih atas ilmunya mas, mohon di share ke email saya farisnadhif@gmail.com, terima kasih ataskerjasamannya

    BalasHapus
  88. Mantap, teori singkat padat dan jelas
    #gampang di pahami
    Ane kasih 4 jempol😇

    BalasHapus
  89. mantap mas tutorialnya, menginspirasi sekali.. semoga semakin banyak orang yang bisa berbagi ilmu,, biar semakin baik hidup kita,,amin. mohon dikirim file nya mas ke email saya, Maroni_fuad@yahoo.com. terimakasih ya

    BalasHapus
  90. saya sangat ingin belajar sketchup, mohon dikirim filenya mas ke khamidiyahilfi@gmail.com, terima kasih :)

    BalasHapus
  91. terima kasih , info nya sangat membantu

    BalasHapus
  92. terimakasih , sangat membantu bagi saya yang ingin belajar , bolehkah email ke saya tutoriallebih lengkapnya ke niaihniayu@gmail.com

    BalasHapus
  93. Mangtab ...Gan....Panduannya mohon di share ke email saya ya " joko324@gmail.com " minat belajar lagi nih. suwun Gan

    BalasHapus
  94. mantap tutornya untuk belajar... jika berkenan tolong dong mas saya dikasih tutorialnya... ke
    febryprawyro@gmail.com
    makasih mas...

    BalasHapus
  95. Mantap mas, singkat dan gampang di mengerti. Apa yg selanjutnya mas

    BalasHapus
  96. Sangat membantu, Bila tidak berkeberatan, mohon dishare ke rplatief@gmail.com. Terima kasih sebelumnya. Semoga berkah.

    BalasHapus
  97. sangat membantu, jika berkenan tolong kirim ke email saya febriaristra@gmail.com

    BalasHapus
  98. sangat membantu sekali bagi kite http://saidgank.blogspot.com/

    BalasHapus
  99. bagus banget mas sangat membantu.
    Jika ngga keberatan tolong kirim ebook yang lengkap mas, ke fishunterbizz60@gmail.com thanks.

    BalasHapus
  100. Mantabh.. Simple dan mudah diadaptasi.. mohon dpt dishare utk sy pelajari lbih lnjut ya.. Trmksh bnget sebelumnya.. seni.irawan@gmail.com

    BalasHapus
  101. trimakasih atas ilmunya, sangat membantu, mohon share ke email saya kios.abi@gmail.com trmksh.

    BalasHapus
  102. terimakasih bagus sekali tutornya, sangat bermanfaat, mohon maaf ijin unduh, salam

    BalasHapus
  103. mohon maaf bisa kirim ke email: purwos73@gmail.com

    BalasHapus
  104. saya pemula kak, boleh saya minta tutorialnya?
    kalau boleh kirim saja ke orcatology@gmail.com

    BalasHapus
  105. Mantap sekali gan...
    Mohon share ke edokuri62@gmail.com
    Terima kasih....

    BalasHapus
  106. sangat bermanfaat, jangan lupa download 3d models sketchup di https://www.arsifan.com/

    BalasHapus

Posting Komentar